Aturan Penulisan

Sebelum menulis artikel, harap bedakan antara berita, opini, atau review. Untuk artikel berita wajib menyertakan link sumber berita dan sumber foto/gambar yang digunakan. Untuk artikel opini atau review juga wajib menyertakan sumber foto/gambar yang digunakan.

Harap dicek dulu apa berita yang hendak ditulis sudah pernah di-publish di Gamedaim atau belum. Cara mencari berita yang sudah pernah dimuat, buka website Dafunda Club, lalu cari kotak search, ketik kata kunci pencariannya, misalnya “burger ramen” atau judul anime/film Jepang yang hendak ditulis. Apabila memang belum pernah dimuat baru kalian bisa menulisnya.

Dalam menulis berita dengan sumber dari website luar/lain tidak boleh menerjemahkan secara langsung dari sumbernya apalagi menerjemahkan dari google translate lalu langsung di copy-paste begitu saja. Akan lebih baik jika menulis berita dengan gaya bahasa sendiri. Apabila menulis berita dengan gaya bahasa sendiri, data-data dari berita yang ditulis juga harus disertakan, misalnya untuk artikel tentang anime/film sertakan juga tanggal rilis, nama pemeran, sutradara, penulis cerita, dan sebagainya.

Berita yang akan ditulis harus original, tidak copy paste, apalagi dari website lokal bertema Jepang lainnya dan belum pernah dipublikasikan di website lain termasuk blog pribadi. Apabila ada tuduhan menjiplak/plagiat dari website lokal bertema Jepang lain maka kontributor yang bersangkutan bisa bertanggung jawab terhadap tulisannya. Apabila artikel yang ditulis kontributor link source/sumber beritanya berasal dari website lokal bertema Jepang maka kami tidak akan memuatnya, demi menghindari tuduhan menjiplak/plagiat dari website yang bersangkutan.

Artikel tidak boleh mengandung isu SARA, menampilkan gambar vulgar, pornografi dan sejenisnya.

Foto/gambar yang disertakan dalam artikel harus mengikuti ukuran yang dianjurkan, yaitu minimal 800pixel x 550pixel. Jangan lupa sertakan link dari sumber berita dan sumber gambar dari artikel tersebut.

Setelah selesai menulis, artikel kalian akan segera dicek oleh tim Gamedaim untuk menentukan apakah artikel tersebut layak publish atau tidak.

Aturan Terbit Artikel

Semua artikel yang di submit dari Gamedaim Clubakan melalui proses moderasi terlebih dahulu oleh Editor. Setelah melakukan pengecekan Editor berhak menentukan artikel tersebut apakah sudah sesuai aturan penulisan dan layak untuk terbit atau tidak.

Untuk pertama-tama artikel yang kalian submit akan memiliki status “Pending Review” dan jika artikel tidak sesuai dengan aturan penulisan maka statusnya akan berubah kembali menjadi “Draft“, disini kamu bisa melihat notes yang di berikan oleh editor untuk disunting kembali agar sesuai dengan aturan penulisan setelah itu kamu bisa submit kembali artikel tersebut.

Kamu bisa mengecek status artikel kamu pada menu “Submission” di dashboard profile kamu.

Untuk artikel yang menyalahi aturan, editor berhak menghapus artikel yang sudah kamu submit dan artinya karya tulismu tidak lolos dan belum bisa diterbitkan.

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Peringkat
Buat List, Daftar atau Peringkat Seputar Geek & Pop-culture
MEME
Upload gambar Anda untuk membuat MEME kalian Sendiri!
Video
Unggah Video Youtube Kamu dan jadilah Terkenal!